Toko Online Baju Anak Nyaman Kekinian

4 Tips Mengajarkan Anak Cara Berbagi

“Itu punya ku” dan “enggak boleh” adalah kalimat yang sering dilontarkan anak ketika tidak mau berbagi, baik berbagi mainan, makanan ataupun barang lain. Dan hal ini sering menjadi sumber pertengkaran anak ketika bermain Bersama teman – temannya.

Padahal dengan mengajarkan anak berbagi dapat membawa pengaruh positif terhadap perkembangan aspek sosial-interpersonal anak. Anak akan mengenal rasa empati dan peduli terhadap orang lain, selain itu perkembangan sosial anak akan tumbuh secara baik dan akan memiliki teman baik lebih banyak

Untuk itu penting bagi orang tua untuk mengenalkan konsep berbagi, berbagi dapat diartikan dengan meminjamkan atau memberi. Yuk simak tips berikut ini untuk mengajarkan anak cara berbagi, catet ya Bun!

1. Menekankan Prinsip Giliran

Menerapkan prinsip giliran bisa dimulai dengan bermain bersama anak, lalu berikan aturan siapa dulu yang boleh bermain dan berapa lama. Contohkan pula bila gilirannya habis, maka ia harus memberikan mainan itu kepada anda, begitu juga sebaliknya. Jika cara ini terbiasa dilakukan, anak akan terbiasa dengan prinsip giliran ketika bermain dengan teman – temannya. Ia akan dapat mengendalikan diri untuk tidak merebut mainan yang dipegang temannya hanya karena ia menginginkannya.

Baca Juga: 5 Manfaat Berenang untuk Anak, Melatih Otot hingga Fungsi Kognitif

2. Jadilah Contoh Bagi Mereka

Setiap anak adalah peniru ulung. Jadi cara mengajarkan anak cara berbagi adalah dengan menjadi contoh baginya. Tunjukan sikap berbagi kepada orang lain, seperti berbagi makanan kepada anggota keluarga lainnya. Lakukanlah sambil berkata dengan jelas, Misalnya, Bunda bagi roti ini untuk Adik dan juga untuk Ayah, ayo kita makan sama – sama ya!.

3. Berikan Pujian untuk Anak, Agar Semangat untuk Berbagi

cara berbagi 2

Puji anak saat mau berbagi dan bermain bersama anak lain. Katakan betapa menyenangkannya bisa makan atau main bersama-sama. Jangan hanya memberikan pujian seperti, “Kamu hebat”. Tetapi, berikan pujian yang bisa meyakinkan mereka bahwa berbagi dapat membuat orang lain senang. Misalnya, dengan berkata, “Lihat tuh, adik sangat senang karena kakak baik, mau berbagi mainan dengan dia”.

Baca Juga: 7 Makanan Sehat untuk Perkembangan Otak Anak, Bunda Wajib Tau

4. Jangan Memaksa Anak untuk Berbagi

cara berbagi 1

Jangan mengatakan anak pelit atau egois serta menghukumnya karena tidak mau berbagi, atau memaksanya memberikan barang yang menurut anak berharga, itu justru akan menimbulkan rasa marah, bukannya membuat anak jadi murah hati. Tidak masalah jika anak tidak mau membagi barang tertentu. Seiring anak dewasa, ia akan belajar bahwa berbagi lebih menyenangkan daripada menikmati sesuatu sendiri.

3 thoughts on “4 Tips Mengajarkan Anak Cara Berbagi”

  1. Pingback: Cara Mengatasi Anak Bosan di Rumah saat Pandemi Corona? - Parenting

  2. Pingback: Manfaat Melibatkan Anak Dalam Pekerjaan Rumah Tangga - Tips

  3. Pingback: 7 Tips Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak. Orang Tua Wajib Tau! -

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping cart
There are no products in the cart!
Continue shopping
0
× Tanya Admin?