Toko Online Baju Anak Nyaman Kekinian

5 Jenis Olahraga Anak yang Bagus untuk Perkembangan Fisik dan Mental

Mengenalkan kegiatan olahraga pada anak sejak dini merupakan hal yang penting. Hal itu berguna agar mereka memiliki aktifitas lain selain menggunakan teknologi seperti Televisi, Hp, Laptop dan sejenisnya.

Dikutip dari BSSN (Badan Siber dan Sandi Negara), Sebuah penelitian menemukan bahwa 30% anak dibawah usia 6 bulan sudah mengalami paparan gadget secara rutin. Dengan rata-rata penggunaan selama 60 menit per hari.

Jika terus menerus dibiarkan, hal itu akan membahayakan perkembangan si kecil baik secara fisik maupun mental. Oleh karena itu, penting bagi Anda sebagai orang tua untuk mengajak si kecil melakukan aktifitas lain salah satunya seperti berolahraga.

Pada artikel ini, chubbydut akan membahas tentang manfaat olahraga serta jenis olahraga anak yang bagus untuk perkembangan fisik dan mental mereka. Simak artikelnya sampai akhir ya mom!

Manfaat Olahraga Bagi Perkembangan Si Kecil

Kegiatan olahraga sangat bagus untuk perkembangan si kecil jika dilakukan secara rutin. Anak yang rutin berolahraga tentunya akan lebih bugar dibandingkan dengan anak yang jarang berolahraga.

Berikut ini adalah manfaat olahraga anak untuk perkembangan fisik dan juga mental.

Manfaat untuk Perkembangan Fisik

1. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Beberapa jenis olahraga anak yang melibatkan gerakan tertentu seperti melompat, mampu meningkatkan kepadatan tulang pada anak. Bahkan berbagai penelitian juga menyebutkan bahwa anak yang secara rutin berolahraga memiliki kepadatan tulang yang lebih baik.

2. Mencegah Obesitas

Olahraga anak yang dilakukan rutin setidaknya tiga kali seminggu, ternyata mampu menurunkan resiko obesitas hingga 31 persen. Namun hal itu juga harus disertai dengan pengaturan pola makan yang baik pula.

3. Mengoptimalkan Kesehatan Jantung

Saat berolahraga, denyut jantung si kecil akan meningkat sehingga makin banyak oksigen yang diedarkan ke seluruh sel di dalam tubuh. Kebiasaan tersebut bisa menjaga kesehatan jantung dan melindungi anak dari risiki penyakit jantung koroner.

4. Meningkatkan Kekuatan Otot

Aktifitas fisik yang dilakukan si kecil saat berolahraga juga bermanfaat untuk kekuatan otot si kecil. Kekuatan otot si kecil perlu dilatih sejak dini untuk meningkatkan kemampuan motorik kasan dan motorik halusnya.

Baca juga: 5 Tips Agar Anak Bunda Suka Belajar dan Tidak Malas

Manfaat untuk Perkembangan Mental

1. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Secara mental, olahraga anak juga bagus untuk meningkatkan rasa kepercayaan diri mereka. Hal itu disebabkan karena olahraga tidak hanya memperbaiki suasana hati, tapi juga membangun sitem penghargaan otak si kecil.

Terlebih lagi jika si kecil bisa bertemu dengan banyak orang saat berolahraga, maka hal itu juga bagus untuk mengajarkan mereka bersosialisasi dengan orang baru.

2. Mengurangi Stres

Pada saat berolah raga, tubuh si kecil akan merangsang produksi endorfin yang berguna sebagai penghilang rasa sakit alami dan juga untuk meningkatkan suasana hati.

Selain itu, aktifitas olahraga juga membantu mengurangi kadar hormon kortisol dalam tubuh yang mampu menyebabkan stres.

Olahraga yang Bagus untuk Perkembangan Fisik dan Mental

Olahraga Anak 1

Banyak sekali jenis olahraga anak yang bisa Anda ajarkan untuk si kecil. Namun, Anda juga perlu memperhatikan berbagai hal agar si kecil bisa semangat dalam berolahraga.

Usahakan untuk memilih olahraga yang menyenangkan untuk mereka. Jika usianya masih dibawah 8 tahun, sebisa mungkin hindari olahraga yang menimbulkan kontak fisik, karena dikhawatirkan justru akan menyebabkan anak mengalami cedera.

Berikut ini adalah beberapa olahraga yang bagus untuk perkembangan fisik dan mental si kecil.

1. Bersepeda

Bersepeda menjadi olahraga favorit anak anak di indonesia. Bahkan anak-anak lebih menganggap bahwa bersepeda sebagai kegiatan bermain bukan berolahraga.

Aktifitas mengayuh saat bersepeda dapat memperkuat otot-otot yang ada di kaki si kecil. Selain itu, bersepeda juga mampu menjaga kebugaran jantung, fleksibilitas, koordinasi , dan juga keseimbangan.

Jenis sepeda anak sekarang ini juga semakin beragam, Anda bisa memilih ukuran dan jenis sepeda sesuai dengan usia mereka.

2. Lari

Lari adalah olahraga yang paling dasar yang bisa Anda ajarkan untuk si kecil. Olahraga ini juga tidak memerlukan alat dan tempat khusus untuk melakukannya.

Anda cukup membekali si kecil dengan sepatu dan juga baju yang cocok untuk berolah raga. Sedangkan untuk waktunya, olahraga lari bisa dilakukan di pagi atau sore hari.

3. Inline Skate

Olahraga yang bagus untuk tumbuh kembang anak berikutnya adalah inline skate. Olahraga ini memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi untuk dipelajari.

Butuh waktu untuk bisa lancar memainkan inline skate. Dengan begitu, Anda akan mengajarkan tentang proses dan juga kesabaran untuk mendapatkan sesuatu. Kemudian untuk manfaatnya secara fisik, olahraga inline skate berfungsi untuk meningkatkan kekuatan otot kaki dan juga melatih keseimbangan.

Baca juga: Anak Kecanduan Gadget? Ini Tips Ampuh Mengatasinya

4. Berenang

Berenang juga menjadi salah satu olahraga favorit si kecil. Sama seperti bersepeda, saat berenang si kecil cenderung merasa sedang bermain dibanding berolahraga. Mereka akan sangat menikmati waktu ketika bermain air bersama teman-temannya.

Rutin mengajak si kecil untuk berenang dapat memberikan banyak sekali manfaat seperti meningkatkan kepercayaan diri, meningkatkan daya ingat, meningkatkan kesehatan fisik, dan masih banyak lagi.

Maka dari itu, tidak heran banyak sekali publik figur atau artis yang memasukkan anaknya ke sekolah renang sejak kecil.

Namun, ada yang perlu diperhatikan agar anak-anak mendapatkan manfaat dari berenang dan juga bisa berenang dengan aman dan nyaman.

  • Pertama, perhatikan waktu dan durasi berenang. Carilah waktu yang cocok untuk si kecil berenang dan juga jangan terlalu lama membiarkan mereka bermain air.
  • Kedua, berikan perlengkapan renang yang menunjang aktifitas mereka selama di kolam renang. Contohnya dengan pelampung dan juga baju renang yang berkualitas agar si kecil tetap nyaman.
  • Tetap awasi si kecil ketika sedang berenang

Olahraga Mana yang Cocok untuk Anak Anda?

Setelah mengetahui semua manfaat dan juga jenis olahraga anak yang bagus untuk perkembangan fisik dan mental. Sekarang saatnya Anda menentukan olahraga mana yang kira-kira cocok untuk anak Anda.

Cobalah untuk mengenalkan salah satu olahraga tersebut, pastikan juga mereka bisa menikmati waktunya saat berolahraga.

Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai akhir, semoga artikel ini bermanfaat

1 thought on “5 Jenis Olahraga Anak yang Bagus untuk Perkembangan Fisik dan Mental”

  1. Pingback: Patut Dicoba! 5 Cara Membuat Anak Lebih Betah di Rumah - Parenting

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Shopping cart
There are no products in the cart!
Continue shopping
0
× Tanya Admin?