Toko Online Baju Anak Nyaman Kekinian

5 Tips Agar Anak Bunda Suka Belajar dan Tidak Malas

Bukan menjadi hal yang asing lagi jika anak akan sulit untuk disuruh belajar. Ini bisa jadi tantangan terbesar sebagai orang tua jika dihadapkan bagaimana membujuk anak agar suka belajar. Ada saja tingkah laku anak mencari alasan, misalnya mengantuk, tidak suka dengan pelajarannya, hingga hanya selalu ingin bermain. Banyak orang tua merasa khawatir saat melihat anaknya malas belajar. Sebagai solusinya, banyak orang tua memilih memasukkan anaknya ke tempat les atau bimbingan belajar. Padahal, belum tentu solusi tersebut sesuai dengan apa yang anak butuhkan.

Terkadang situasi ini membuat orang tua kehilangan kesabaran. Namun saat menghadapi anak sulit belajar jangan hanya memarahi anak saja, melainkan berikan motivasi dan membantu anak agar ia bersemangat untuk belajar ya Bunda. Berikut ini tips yang mungkin bisa Bunda terapkan agar anak suka belajar:

1. Biasakan Anak Bunda untuk Membaca Buku

Dalam usia belia anak – anak memang cenderung bingung untuk mengungkan apa yang dia inginkan, hal ini karena tidak dibiasakan oleh orang tua untuk belajar mengungkapkan berpendapat. Membaca tidak hanya membantu anak-anak mengembangkan kosakata yang lebih kaya, tetapi juga membantu otak mereka mempelajari cara memproses konsep dan komunikasi formal. Siswa yang membaca dengan baik mengalami peningkatan kemampuan untuk belajar di semua mata pelajaran – termasuk mata pelajaran teknis seperti matematika dan sains.

Bantu anak mengembangkan keterampilan dan kecintaannya dengan cara mulai membiasakan membaca buku. Sering-seringlah membacakan untuk anak. Mintalah anak membaca dengan lantang. Ciptakan waktu membaca keluarga di mana setiap orang berfokus pada membaca selama 20 menit sehari. Kunci untuk mengembangkan pembaca yang baik adalah membuat membaca menjadi menyenangkan bukan membuat frustrasi.

2. Beri Dukungan Kepada Anak Sekecil Apapun Pencapaiannya

tips suka belajar 3

Anak juga seperti orang dewasa. Sekecil apapun pencapaian yang diraihnya akan membuat dirinya lebih senang jika dihargai. Ini terutama penting bagi anak usia sekolah dasar yang membutuhkan penguatan positif terus-menerus agar mereka tetap termotivasi untuk belajar dan menantang diri mereka sendiri untuk berbuat lebih baik.

Sebagai orang tua bentuk apresiasi terhadap anak bisa membelikan alat belajar baru, mainan, buku atau makanan kesukaannya. Dengan ini anak akan semakin semangat untuk belajar.

baca juga:

Baca juga: Pahami Bahasa Cinta pada Anak, Untuk Meningkatkan Kedekatan Antara Anak dan Orang Tua

3. Fokus Pada Minat Anak

Ketika pembelajaran melibatkan anak-anak dalam bidang dan mata pelajaran yang diminati, pembelajaran akan menjadi menyenangkan. Tips anak agar suka belajar ini mungkin bisa menjadi alternatif bunda untuk dicoba. Anak Bunda jadi lebih bersemangat dan merasa dirinya punya sarana untuk mengeksplorasi diri. Dorongan dari Bunda untuk menyalurkan topik dan subjek yang membuatnya tertarik.

Jika dia menyukai belajar alat musik, bantu dia untuk memilih peralatan musik apa yang cocok untuk anak Bunda pelajari. Kemudian tantang dia untuk bermain alat musik di depan keluarga ketika semua anggota keluarga berkumpul. Atau Bunda juga bisa mendaftarkan anak Bunda untuk mengikuti les musik, agar anak Bunda semakin terasah kemampuan bermusiknya.

4. Perkenalkan dan Dorong Berbagai Jenis Gaya Belajar

tips suka belajar 2

Setiap anak memiliki preferensi dan gaya belajar yang paling sesuai dengan cara belajar. Beberapa anak memiliki gaya belajar yang dominan, sementara yang lain lebih suka belajar dengan menggunakan gaya belajar campuran. Belum tentu ada satu gaya belajar yang benar atau salah, atau campuran gaya belajar.

Namun, dengan membantu anak menemukan gaya belajar yang disukainya, orangtua dapat menggunakan teknik yang akan meningkatkan kecepatan dan kualitas pembelajarannya. Ada tujuh gaya belajar dasar: Visual, Auditori, Verbal, Fisik, Logis (matematis), Sosial dan Soliter. Misalnya, anak-anak yang merupakan pembelajar visual belajar paling baik dengan melihat cara kerja sesuatu.

Baca juga: Tips Mendidik Anak Agar Mau Memperhatikan dan Mendengarkan Bunda – Tips Parenting

5. Lakukan Pembelajaran Berbasis Game

tips suka belajar 1

Pembelajaran berbasis permainan bukanlah konsep baru. Sudah ada sejak lama. Pembelajaran berbasis permainan bisa sangat bermanfaat karena berbagai alasan. Menggunakan game sebagai alat pendidikan tidak hanya memberikan kesempatan untuk belajar lebih dalam dan mengembangkan keterampilan non-kognitif, tetapi juga membantu memotivasi anak untuk mau belajar.

Kesimpulan:

Kenali gaya belajar yang sesuai dengan karakter anak, agar anak Bunda tidak mengalami kesulitan untuk menerima materi pelajaran. Bunda wajib tau hal ini sebagai bentuk metode penerapan pembelajaran kepada anak supaya efektif.

Berikan dukungan juga terhadap pencapaian – pencapaian anak Bunda, meskipun pencapain yang diraih belum berskala besar anak akan merasa mendapatkan suport dari orang tua dan merasa termotivasi untuk meningkatkan pencapaiannya. Itu tadi ya Bunda, 5 Tips Agar anak Bunda Suka Belajar dan Tidak Malas. Semoga jadi bahan referensi buat bunda untuk terus belajar mengasuh Anak! 🙂

1 thought on “5 Tips Agar Anak Bunda Suka Belajar dan Tidak Malas”

  1. Pingback: 5 Jenis Olahraga Anak yang Bagus untuk Perkembangan Fisik dan Mental

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Shopping cart
There are no products in the cart!
Continue shopping
0
× Tanya Admin?