Toko Online Baju Anak Nyaman Kekinian

7 Tips Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak. Orang Tua Wajib Tau!

Meningkatkan kepercayaan diri anak merupakan proses jangka panjang yang harus dilakukan orang tua untuk membentuk kepribadian seorang anak.

Jika sekarang anak Anda mulai menunjukkan tanda-tanda kurang percaya diri, hal itu tidak bisa dianggap remeh. Sebagai orang tua, Anda harus peka terhadap kondisi si kecil agar bisa tumbuh menjadi pribadi yang optimis dan percaya diri.

Kurangnya rasa percaya diri pada anak bisa mempengaruhi berbagai hal. Contohnya seperti prestasi dan juga kehidupan sosialnya. Jangan sampai anak Anda justru tumbuh sebagai seorang pemalu dan tidak punya keberanian untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.

Pada artikel ini, chubbydut akan membahas tentang hal-hal yang menyebabkan anak menjadi tidak percaya diri, serta tips yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan rasa percaya diri anak. Simak artikelnya sampai akhir ya!

Penyebab Anak Tidak Percaya Diri

Kepercayaan Diri Anak 1

Kurangnya rasa percaya diri pada anak sebenarnya lebih banyak disebabkan karena efek dari luar diri mereka. Karena ketika masih kecil, mereka belum tahu apa yang harus mereka lakukan. Mereka juga belum bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah.

Pola asuh dan lingkungan yang kurang mendukung juga bisa menurunkan rasa percaya diri si kecil, berikut ini adalah beberapa penyebabnya.

1. Sering Dimarahi

Kebiasaan memarahi si kecil lama kelamaan akan membuat rasa percaya diri mereka turun drastis. Masa kanak-kanak adalah masa dimana mereka merasa penasaran dengan berbagai hal yang mereka lihat.

Mereka akan mencoba untuk melihat, memegang, dan memainkan apa yang membuat mereka penasaran. Tanpa mengetahui resiko barang tersebut bisa pecah, kotor, dan lain sebagainya.

Memarahi bukanlah tindakan yang tepat untuk memperbaiki kesalahan anak, karena kebiasaan tersebut bisa mengganggu kondisi psikologisnya.

2. Sering dilarang

Jangan diambil!
Jangan kesana!
Jangan disitu!

Kata-kata yang sifatnya melarang tanpa menjelaskan alasannya, sebaiknya tidak sering Anda ucapkan ke anak-anak. Karena kebiasaan tersebut juga bisa menurunkan rasa kepercayaan diri anak.

Ketika si kecil ingin melakukan sesuatu dan langsung Anda larang, lama-lama mereka akan takut untuk melakukan sesuatu yang mereka inginkan. Rasa penasaran mereka pun akhirnya tidak tersalurkan dan akan berpengaruh juga pada perkembangan mereka.

3. Sering Diremehkan

Menurunnya kepercayaan diri anak juga bisa diakibatkan oleh seringnya diremehkan. Saat si kecil membuat sesuatu dan menunjukkannya kepada Anda, jangan pernah meremehkan apapun hasilnya.

Dalam hati, Anda mungkin merasa bahwa cara itu bisa membuat mereka berusaha untuk berusaha lebih baik lagi. Tapi, hal itu justru akan membuat mereka patah semangat karena merasa hasilnya jelek dan tidak dihargai.

Baca juga: 4 Tips Mengajarkan Anak Cara Berbagi dengan Temannya

4. Terlalu Sering Disinggung Kekurangannya

Semakin sering Anda menyinggung kekurangan anak, maka akan semakin membekas di pikiran mereka bahwa mereka memiliki kekurangan tersebut. Padahal sebelumnya bisa jadi mereka tidak menyadari bahwa itu sebuah kekurangan.

Ketika si kecil merasa terus disinggung kekurangannya, maka hal itu bisa membuat mereka minder dan menurunkan rasa percaya dirinya.

Tips Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak

Kepercayaan Diri Anak 2

Salah satu peran Anda sebagai orang tua adalah mendampingi dan memastikan si kecil bisa bertumbuh dan berkembang dengan baik. Bisa dibilang, Anda adalah garda terdepan yang bisa mebuat merekan menjadi pribadi yang baik.

Salah satunya adalah dengan membantu Anak untuk memiliki rasa kepercayaan diri. Karena tanpa rasa percaya diri, seorang anak akan ragu-ragu dalam melakukan sesuatu yang bisa jadi penting bagi dirinya. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kepercayaan diri anak.

1. Ajarkan Mereka Menyelesaikan Masalah

Daripada memarahi si kecil saat menghadapi masalah atau melakukan kesalahan, alangkah lebih baiknya Anda mengajarkan mereka untuk menyelesaikan masalah mereka.

Saat mereka berhasil memecahkan masalah yang mereka hadapi dengan usaha mereka sendiri. Akan timbul kepuasan dan rasa bangga atas apa yang sudah mereka lakukan. Selain itu, Saat proses memecahkan masalah, mereka juga akan belajar hal baru yang sebelumnya tidak mereka ketahui.

Sebagai contoh, Anak anda mungkin pernah mengalami kesulitan untuk mengerjakan PR. Daripada membantunya dengan jalan Anda yang menyelesaikan tugas mereka agar hasilnya benar dan anak Anda dianggap pintar di sekolah. Alangkah lebih baiknya untuk bertanya bagian mana yang tidak mereka pahami dan selanjutnya Anda bisa membantu untuk menjelaskannya.

2. Biarkan Mereka Mengambil Keputusan

Semakin bertambah usia si kecil, mereka akan memiliki preferensi sendiri tentang hal yang disukai. Cobalah untuk membiarkan mereka mengambil keputusan sendiri. Misalnya, biarkan mereka memilih warna baju yang mereka sukai untuk dipakai.

Jika Anda bisa mengajarkan kebiasaan ini sejak kecil, maka seiring berjalannya waktu kepercayaan diri mereka juga akan tumbuh dengan sendirinya.

3. Hargai Ide Mereka

Tips meningkatkan kepercayaan diri anak berikutnya adalah dengan menghargai setiap ide yang mereka miliki. Jangan pernah membatasi imajinasi si kecil untuk berkreasi dan membuat sesuatu yang dia inginkan selam itu dalam hal baik.

Dukunglah setiap ide yang mereka miliki sekecil apapun itu. Karena kebiasaan tersebut akan melatih cara berfikirnya untuk membuat dan menciptakan sesuatu. Selain bisa meningkatkan kepercayaan diri, hal itu juga bisa membuat si kecil lebih kreatif.

4. Ajak Mereka Berkomunikasi

Komunikasi juga penting untuk meningkatkan rasa percaya diri mereka. Cobalah untuk lebih sering berkomunikasi dengan anak meskipun untuk hal yang sederhana. Misalnya menanyakan kegiatannya di sekolah, apa saja yang dia lakukan hari ini dan lain sebagainya.

Begitupun sebaliknya, ketika anak bertanya tentang sesuatu yang membuat mereka penasaran, jawablah dengan cara menjelaskan sesuai dengan kemampuan pemahaman mereka. Misalnya dengan cara memberikan contoh-contoh yang jelas.

Baca juga: Mengenali Tahap Tumbuh Kembang Anak Sejak Dini

5. Fokus pada Kelebihan Mereka

Tanpa menyadari kelebihannya, seorang anak akan tumbuh menjadi kurang percaya diri. Karena itu, daripada mengungkit-ungkit kelemahannya, Anda sebaiknya lebih fokus untuk menemukan dan mengembangkan kelebihan mereka.

Dukung mereka untuk mencoba berbagai hal baru sampai mereka yakin menemukan apa yang mereka sukai. Misalnya mencoba olahraga untuk anak, les musik, bahasa dan lain sebagainya. Temani mereka saat menjalani hobby yang mereka pilih, hal itu akan membantu meningkatkan rasa percaya dirinya.

Dukung Anak Anda Lebih Percaya Diri!

Tips untuk meningkatkan kepercayaan diri anak sudah chubbydut bahas diatas. Hal yang penting Anda ketahui sebagai orang tua adalah menciptakan lingkungan yang baik agak si kecil bisa tumbuh dan berkembang dengan baik, serta memiliki kepercayaan diri yang tinggi.

Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai akhir, semoga bermanfaat.

1 thought on “7 Tips Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak. Orang Tua Wajib Tau!”

  1. Pingback: Cara Cerdas Mendidik Anak agar Lebih Mandiri - Tips Parenting

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Shopping cart
There are no products in the cart!
Continue shopping
0
× Tanya Admin?