Toko Online Baju Anak Nyaman Kekinian

Anak Kecanduan Gadget? Ini Tips Ampuh Mengatasinya

Di era yang serba digital ini, tidak bisa dipungkiri bahwa kita tak bisa jauh dari gadget. Terlebih di masa pandemi ini kita banyak mengurangi kontak fisik dengan orang lain, membuat kita lebih sering belanja online, membayar tagihan online, bahkan sekolah anak juga online.

Pasti Bunda merasakan bahwa kita semua membutuhkan gadget, tak terkecuali sang buah hati. Gadget bisa menjadi sarana belajar anak lewat video atau untuk hiburan bermain games. Namun, perlu kita waspadai jika anak sudah terlihat susah lepas dari gadget. Hal itu tentu saja dapat berdampak buruk bagi anak.

Penggunaan gadget yang berlebihan dapat membuat perkembangan motorik anak terganggu. Selain itu, membuat anak sulit bersosialisasi dan berinteraksi dengan lingkungan. Dan biasanya anak akan lebih sulit diatur, tidak disiplin. Nah Bun, untuk mengtasi anak lepas dari kecanduan gadget mari simak tips berikut ini 

Tips Mengatasi Anak Kecanduan Gadget

1. Memberikan Contoh yang Baik

Hal pertama untuk mengatasi anak kecanduan gadget yang dapat dilakukan adalah memberi contoh yang baik kepada anak. Jangan terlalu sering bermain gadget saat bersama anak, itu akan membuat anak meniru kebiasaan Bunda. Ingat ya, Bunda, anak bukan pendengar yang baik, namun peniru yang baik. Anak menyerap pelajaran dari lingkungan sekitarnya. Untuk itu, usahakan untuk tidak terlalu sibuk bermain gadget saat di dekat anak.

2. Membuat Aturan

Selanjutnya, Bunda dapat membuat aturan untuk Si Kecil. Seperti membatasi waktu bermain gadget hanya 1 atau 2 jam saja. Ajarkan agar anak meminta izin dahulu sebelum bermain gadget. Sebagai orang tua, kita harus disiplin, tegas dan konsisten dalam memberikan aturan. Jika anak merengek jangan langsung diberikan, orang tua harus konsisten, maka anak akan disiplin. Dan perlu diingat, jangan sampai ada perbedaan peraturan dari Ayah dan Bunda ya, karena anak akan bingung untuk menuruti siapa, dan akhirnya akan membantah aturan yang ada. Usahakan untuk selalu kompak ya, Ayah Bunda. 

3. Batasi Akses Penggunaan Gadget

Jangan lupa batasi akses penggunaan gadget kepada anak. Misalnya, batasi akses menu dan fitur seperti pilih game yang mengedukasi dan aman untuk Si Kecil, batasi penggunaaan play store agar anak tidak mengunduh aplikasi apa saja, dan jika anak menonton video gunakan aplikasi khusus untuk anak. 

4. Tentukan Aktivitas Menyenangkan

Mengatasi Kecanduan Gadget 3

Membuat aktivitas yang menyenangkan dapat perhatian anak dari gadget teralihkan. Ajak anak berjalan-jalan bersama, bersepeda bersama, ataupun memasak. Dan dukung anak melakukan hobinya selama itu tidak merugikan, agar anak lupa dengan gadget.

Selain itu, sesekali biarkan anak bermain di luar bersama teman-temannya, agar anak tetap bisa bersosialisasi dengan baik dilingkungan sekitar. Jangan sampai interaksi sosial anak hilang karena terlalu sering dikurung di rumah dan hanya bermain gadget.

Baca juga: Cara Mengajarkan Konsekuensi Kepada Anak, Tips Daily Parenting

5. Jalin Komunikasi yang Baik Kepada Anak

Mengatasi Kecanduan Gadget 2

Nah, Bunda menjalin komunikasi yang baik kepada anak itu penting. Bisa jadi anak kecanduan bermain gadget karena kurangnya komunikasi dengan Ayah Bunda. Luangkan waktu untuk anak, tanyakan apa yang ia lakukan hari ini, dan merespon jika anak bercerita. Berikan motivasi dan saran jika anak memiliki masalah, itu akan membuat anak bersemangat dan merasa diperhatikan.

6. Menetapkan Wilayah Bebas Gadget

Mengatasi Kecanduan Gadget 1

Bunda bisa juga melakukan cara ini untuk mengurangi waktu anak bermain gadget. Menetapkan wilayah bebas gadget di rumah, dapat dilakukan misalkan di ruang makan, nah jelaskan kepada anak saat sedang di ruang makan jangan memainkan gadget, selesaikan dulu makanannya. Selain itu dapat diterapkan seperti di ruang keluarga, atau kamar tidur.

Nah, perlu diingat ya, Ayah Bunda jangan sampai melanggar aturan yang dibuat sendiri, karena anak pasti akan menirukan orang tuanya.

Baca juga: Si Kecil Tantrum? Atasi dengan Cara Ini Ya Bunda!

7. Beri Tahu Anak Bahaya Menggunakan Gadget Berlebihan

Father criticizing his disobedient child for bad behavior.

Memang benar bahwa gadget sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, namun beritahukan kepada Si Kecil bahwa pemakaian gadget yang berlebihan itu berbahaya. Seperti untuk mata, jelaskan pada anak jika terlalu banyak bermain gadget akan membuat mata kita sakit. Selain itu dapat dijelaskan betapa bahayanya internet seperti media sosial dan lainnya. Banyak kejahatan yang dapat terjadi di internet, jelaskan dengan bahasa yang lembut dan mudah dipahami Si Kecil ya, Bunda.

Itu tadi ya Bunda 7 tips mengatasi anak yang kecanduan gadget, semoga bunda bisa mulai menerapkannya ya pada kegiatan sehari-hari. Jika Bunda tertarik membaca artikel lain seperti ini bisa mengunjungi disini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping cart
There are no products in the cart!
Continue shopping
0
× Tanya Admin?