Toko Online Baju Anak Nyaman Kekinian

Anak Tidak Suka Sayur, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Setiap orangtua tentu ingin anaknya tumbuh sehat. Orangtua akan memenuhi kebutuhan gizi anak melalui makanannya, termasuk sayuran. Pada sayuran terkandung mineral, vitamin dan serat  yang bermanfaat. Tetap tenang, Bun, membujuk Si Kecil untuk mau makan sayuran memang perlu siasat khusus. Ada cara-cara yang dapat Bunda coba untuk membuat Si Kecil tertarik makan sayur.

1. MENGENALKAN ANAK PADA SAYUR SEJAK DINI

Agar anak mau makan sayur, maka saat pertamakali mengenalkan makanan padat anda dapat membuat makanan dengan variasi sayuran pada MPASI-nya. Namun, pastikan anda memilih jenis sayuran yang tepat untuk anak.Maka dari itu, alangkah lebih baik jika anda membuat makanan pendamping ASI untuk si kecil sendiri di rumah dengan mengkombinasikan variasi sayuran dalam setiap harinya. Sehingga dengan begitu si kecil akan terbiasa mengenal rasa dari sayuran serta teksturnya sejak dini Kenalkan anak tentang nama sayuran dan apa manfaatnya terlebih dahulu agar bisa tahu kira -kira sayur apa yang disukai anak-anak.

2. BUAT MENU MAKAN YANG LEZAT DARI SAYUR

Biasanya alasan anak tidak suka makan sayur disebabkan karena rasanya yang kurang lezat jika dibandingkan dengan menu makanan yang lainnya. Akibatnya anak lebih sukai menyantap makanan tanpa sayur. Jangankan anak, orang dewasa juga tentunya tidak ingin memakan sayur  jika menu yang disajikan kurang enak. Tidak memperhatikan rasanya saja tapi juga tampilannya. Anak-anak biasanya akan tertarik dengan segala sesuatu yang memiliki warna mencolok. Agar anak mau makan sayur mengapa tidak anda mencoba menyajikan sayuran dengan aneka macam warna. Dalam satu hidangan anda dapat menyajikan sayuran berwarna-warni. Hal ini akan membuat anak tertarik dan mencoba untuk memakannya.

3. AJAK TEMANNYA UNTUK MAKAN SAYUR BERSAMA

Mengajak temannya untuk makan sayur bersama dapat anda coba. Jika anak melihat temannya mengonsumsi sayuran maka ia akan termotivasi. Namun, pastikan anda jangan membanding-bandingkan anak anda dengan temannya.

4. HINDARI MENYEMBUNYIKAN SAYURAN PADA MAKANAN ANAK

Sebaiknya jangan sembunyikan sayuran pada makanan anak. Jika anda menyembunyikan sayuran pada makanan anak atau menyamarkannya supaya terlihat seperti makanan yang lain justru anak semakin tidak ingin mengonsumsinya karena akan memberikan kesan sayuran makanan yang buruk. Dibandingkan menyembunyikan sayuran pada makanan anak, lebih baik anda membuat sajian sayur yang lezat dengan dikombinasikan aneka bahan makanan yang anak sukai. Dengan begitu anak akan lebih bersemangat mengonsumsi sayuran.Mengkombinasikan sayuran dengan makanan yang disukai si kecil menjadi ide yang cerdas. Padukan sayuran dengan makanan favoritnya. Anak anda tidak mau memakan sayur, namun jika dipadukan dengan makanan favoritnya ia mungkin akan memakannya.

5. SIAPKAN ANEKA JENIS MAKANAN

Sebagai langkah untuk mengenalkan sayuran pada anak, maka sebaiknya di rumah anda selalu menyediakan menu makan sayuran setiap hari. Saat waktu makan sediakan aneka jenis makanan. Ketika anak lapar anda dapat menawarkan menu makanan yang terdapat sayuran. Hal ini dapat menjadi cara mengenalkan sayuran pada anak. Agar anak mau makan sayur maka anda harus sabar menghadapinya. Anda bisa mulai mengenalkannya dengan memberikan sayuran pada anak dalam porsi kecil. Hindari memberikan terlalu banyak makanan yang anak tidak suka karena justru hal itu akan membuat anak semakin tidak suka pada makanan tersebut. Ketika tiba waktunya makan minta anak untuk mencoba sayuran baru meskipun hanya satu gigitan.

6. PUJI ANAK JIKA SUDAH MAKAN SAYUR

Sebagai bentuk penghargaan dan untuk menyemangati anak, jangan lupa berikan pujian setiap kali anak sudah mengonsumsi sayur. Namun ingat, jangan memberikan anak makanan yang tidak sehat sebagai hadiah karena sudah mau makan sayur. Tidak ada salahnya anda sesekali memberikan hadiah pada si kecil karena telah mau mengonsumsi sayur. Namun pastikan hanya sekali memberikannya hadiah agar si kecil tidak ketergantung.

7. MEMBERIKAN CONTOH YANG BAIK PADA ANAK

Tentu saja anak tidak akan berminat mengonsumsi sayur jika ia melihat ayah dan ibunya juga tidak suka makan sayur. Jadi, jika ingin membiasakan Si Kecil makan sayur, pastikan Bunda dan Ayah juga sudah terbiasa makan sayur ya. Setelah itu, berikan contoh pada Si Kecil. Anda harus memakan sayur dan biarkan anak anda melihatnya. Atau anda bisa memakan sayur bersama-sama dengan si kecil. Selain itu anda juga bisa mengikutsertakan anak makan bersama keluarga. Sajikan aneka jenis menu sayuran di meja makan. Biarkan anak melihat anda dan anggota keluarga yang lainnya mengonsumsi sayuran. Melihat anggota keluarganya mengonsumsi sayuran anak akan menjadi tertarik untuk mencobanya. Nah, sekarang tidak perlu bingung lagi untuk mengajak anak makan sayur ya, Bun. Apalagi saat ini sudah banyak resep olahan sayur untuk anak yang bisa Bunda coba, supaya Si Kecil tidak bosan.

Berikut tadi adalah beberapa tips untuk si kecil agar suka makan sayur. Dengan melakukan berbagai tips di atas dan membuat beragam masakan sayur yang nikmat, lama kelamaan Si Kecil pasti akan suka makan sayur. Semoga tips yang saya bagikan bermanfaat .

1 thought on “Anak Tidak Suka Sayur, Bagaimana Cara Mengatasinya?”

  1. Pingback: 7 Makanan Sehat untuk Perkembangan Otak Anak, Bunda Wajib Tau

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Shopping cart
There are no products in the cart!
Continue shopping
0
× Tanya Admin?