Toko Online Baju Anak Nyaman Kekinian

Anti Bosan, 7 Kegiatan di Rumah Bersama Anak Selama Pandemi

Sebagai upaya memutus mata rantai virus corona pemerintah meliburkan kegiatan belajar mengajar di sekolah. Semua kegiatan belajar dilakukan secara daring agar siswa tetap bisa menerima pelajaran dengan semestinya.

Namun dari kebijakan libur sekolah tersebut pemerintah sampai saat ini belum memutuskan kapan dibukanya kembali sekolah.

Tentu hal ini banyak anak yang merasa bosan karena terlalu lama di rumah karena tidak bisa berinteraksi dengan teman sekolahnya. Kegiatan yang setiap hari berulang dengan mengikuti kelas online tentu membuat anak menjadi pasif sosial.

Nah, buat Bunda yang lagi mencari ide aktivitas untuk anak buat di rumah, simak yuk beberapa ide menarik yang dapat membuat hari sang anak jadi lebih seru.

1. Memasak

Anti Bosan, 7 Kegiatan di Rumah Bersama Anak Selama Pandemi 02


Sertakan anak untuk membantu Bunda memasak di dapur, biasanya mereka bermain masak-masakan dengan alat bermain. Kali ini beri kesempatan ikut serta mencoba, tidak hanya anak perempuan yang boleh ikut membantu, anak laki-laki juga boleh.

Misalnya membuat puding, biarkan dia mencoba bereksplorasi rasa dan warna puding yang mereka sukai. Biasanya anak akan cenderung suka dengan makanan yang memiliki warna menarik.

Jauhkan peralatan yang berbahaya dari anak, seperti kompor, panci yang panas dan benda-benda yang tajam.

2. Berkebun

Anti Bosan, 7 Kegiatan di Rumah Bersama Anak Selama Pandemi 03


Melakukan kegiatan dengan alam tentu akan membuat sang anak aktif, pikiran menjadi lebih fresh karena melihat pemandangan yang berwarna hijau. Untuk Bunda yang suka berkebun bisa mengajak mereka mencoba.

Biarkan sang anak untuk menggali tanah, menanam benih dan menutup lubang. Jika tidak memiliki lahan untuk berkebun, Bunda bisa menanam menggunakan pot. Ajarkan cara menyiram tanaman yang baik bagaimana, agar anak peka terhadap tanaman yang perlu disiram.

Baca Juga : Cara Membuat Masker Kain di Rumah dengan Anak Selama Pandemi

3. Membaca Buku

Anti Bosan, 7 Kegiatan di Rumah Bersama Anak Selama Pandemi 04


Kebiasaan membaca yang masih sangat rendah di Indonesia, menjadi alasan tingkat pendidikan belum mengalami kemajuan. Maka Bunda perlu memberikan contoh kebiasaan membaca kepada anak sejak dini.

Beri buku-buku yang bermuatan ringan seperti cerita rakyat, komik yang bermuatan dengan gambar sehingga anak tertarik membaca.

Karena wabah pandemi tidak memungkinkan untuk pergi ke toko buku, bunda bisa mengajak mereka memilih buku secara online untuk dibeli.

4. Melukis

Anti Bosan, 7 Kegiatan di Rumah Bersama Anak Selama Pandemi 05

Melukis bisa menjadi pilihan agar anak tidak rewel, bermain warna dapat melatih imajinasi dari anak.

Bisa menjadi media untuk mengekspresikan apa yang ada di dalam pikiran mereka, antusias rasa ingin tahu akan hal-hal baru.

Ajarkan melukis dengan benda-benda yang sederhana untuk diikuti seperti daun, sendok, atau tangan mereka sendiri.

5. Mendongeng dan Bermain Peran

Anti Bosan, 7 Kegiatan di Rumah Bersama Anak Selama Pandemi 06

Bunda bisa membacakan dongeng secara langsung kepada anak untuk melatih kemampuan kreativitas dan kemampuan linguistiknya bertambah.

Tidak hanya membacakannya dongeng, jangan lupa untuk mengajaknya berekspresi dengan cara menyuruhnya mendongeng ulang dengan gaya mereka. Ajak anak untuk membuat pertunjukan seperti di theater, menyanyi, dan menari agar tidak bosan.

6. Olahraga

Anti Bosan, 7 Kegiatan di Rumah Bersama Anak Selama Pandemi 07

Selama di rumah saja karena wabah pandemi bukan menjadi alasan untuk bermalas-malasan tidak berolahraga.

Justru berolahraga bisa meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak terpapar oleh virus.

Bunda bisa mengajak mereka berolahraga di dalam rumah seperti senam, menari, atau bersepeda di lingkungan rumah. Jogging bisa menjadi pilihan sekaligus untuk berjemur karena matahari di pagi hari mengandung vitamin D.

7. Membuat Masker Kain

Anti Bosan, 7 Kegiatan di Rumah Bersama Anak Selama Pandemi 08

Membuat masker kain bisa menjadi hal yang baru bunda bisa lakukan dengan anak, kebutuhan masker yang wajib digunakan ketika melakukan kegiatan di luar rumah bisa dibuat dengan bahan-bahan di rumah.

Membuat masker sekaligus memberikan penjelasan kepada anak kenapa perlu memakai masker. Mengajarkan mengolah bahan-bahan yang ada di rumah dan dimanfaatkan dengan baik.

Yuk, coba melakukan kegiatan bersama anak agar tidak bosan selama di rumah. Tetap menjaga kesehatan diri sendiri dan orang lain. Tetap sehat dan semangat ya, Bunda!

1 thought on “Anti Bosan, 7 Kegiatan di Rumah Bersama Anak Selama Pandemi”

  1. Pingback: Dampak Negatif Smartphone bagi Anak yang Wajib Diketahui Orang Tua

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping cart
There are no products in the cart!
Continue shopping
0
× Tanya Admin?