Toko Online Baju Anak Nyaman Kekinian

Buah Hati Bosan Belajar Dirumah, Apa Yang Harus Dilakukan Orang Tua?

Sudah memasuki kurang lebih 8 bulan terakhir ini, seluruh pelajar tidak lagi menjalani proses belajar dari sekolah melainkan dari rumah masing-masing. Kebijakan itu dilakukan untuk menghindari penyebaran virus corona di lingkungan masyarakat terutama  di sekolah.  Namun terlalu lama menjalani aktivitas di rumah membuat anak merasa jenuh dan mulai merindukan suasana sekolah. Melihat kondisi saat ini sebagai orang tua pasti dituntut untuk jadi kreatif agar anak tidak bosan belajar dirumah.

simak tips berikut ini yuk agar buah hati tidak bosan saat belajar :

1. BERIKAN DUKUNGAN PADA ANAK

Orang tua harus memiliki berbagai cara agar dapat mendongkrak semangat anak untuk belajar, salah satunya dengan memberi dukungan untuk anak mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap pola fikir anak. Maka dari itu berilah dukungan terhadap si anak dalam hal apapun.

2. CIPTAKAN SUASANA BELAJAR YANG NYAMAN DAN MENYENANGKAN

Setiap anak memiliki metode belajarnya sendiri, oleh karena itu sebagai orang tua kita harus menyesuaikannya mulai dari menciptakan suasana belajar yang nyaman. Suasana belajar yang nyaman akan meningkatkan antusiasme dan fokus anak saat belajar. Misalnya membersihkan dan merapikan ruang belajarnya,menyiapkan alat tulis dan materi belajar serta menyiapkan makan ringan untuk teman belajarnya.

3. MENJADI SAHABAT YANG BAIK UNTUK ANAK

Sebagai orang tua jangan bossy, jadilah sahabat anak jangan seperti robot. Komunikasi orangtua dan anak sangat penting untuk membangun hubungan yang baik. Dengan berkomunikasi yang tepat dan benar, maka akan tercipta kenyamanan satu sama lain. Belajar untuk memahami impian dan aspirasi anak agar mereka merasa dihargai. Akan tetapi, orangtua harus juga selalu tahu batasan bersama anak. Kapan orangtua bertindak sebagai orangtua dan kapan sebagai teman, karena ada garis tipis di antaranya. Keseimbangan yang tepat dibutuhkan untuk memelihara ikatan persahabatan.

4. TETAPKAN JAM BELAJAR YANG PROPORSIONAL

Sebagai orang tua, tentunya tidak ingin jika anak-anak terlalu banyak bermain dan sedikit belajar ataupun sebaliknya. Anak-anak seharusnya memiliki waktu bermain dan belajar yang seimbang demi perkembangan kecerdasan kognitif, afektif, dan psikomotorik mereka. Oleh karena itu, sesibuk apapun, penting untuk orang tua mengetahui cara cerdas mengatur jam belajar dan bermain anak. Salah satunya dengan cara membuat to-do list atau jadwal sehari-hari untuk anak dalam mengerjakan PR dan menyiapkan pelajaran serta waktu mereka untuk bermain dan yang paling penting adalah jauhkan gadget atau alat elektronik seperti telepon genggam dan TV pada saat waktu belajar anak-anak agar tidak mengganggu konsentrasi mereka.

5. JELASKAN MANFAAT BELAJAR PADA ANAK

Sebagai bagian dari physical distancingstudy from home atau yang dikenal dengan belajar dari rumah, nyatanya memberikan segudang manfaat. Pasalnya, melalui kebijakan ini, orang tua akan membimbing proses belajar anak secara langsung dan mengetahui perkembangannya. Maka dari itu, orang tua harus memberikan informasi yang tepat tentang manfaat,tujuan dan pentingnya belajar, sehingga anak memiliki gambaran yang tepat tentang belajar walaupun dilakukan dirumah . Seperti halnya anak akan lebih mudah menangkap materi, lebih fleksibel, lebih efisiensi dalam proses belajar,bebas menentukan jadwal dan metode belajar, serta melatih rasa percaya diri pada anak dan tentunya masih banyak manfaat lainnya.

6. MEMBERIKAN REWARD PADA ANAK

Memberikan hadiah ke anak tidak selalu harus dalam jumlah yang besar. Makanan kesukaan anak, bermain bersama di taman, atau pergi ke tempat yang anak inginkan bisa jadi hadiah dari kita untuk anak. Perlu diketahui, hadiah tak hanya sekadar benda untuk anak, tapi lebih dari itu. Ini merupakan sebuah bentuk penghargaan dari orang tua kepada anaknya. Untuk itu, saat memberikan hadiah ke anak, orang tua perlu memberitahu anak tentang apa yang ia lakukan dan mengapa ia menerima hadiah ini. Dengan begitu, anak tahu bahwa ia telah melakukan hal yang baik dan pastinya akan menambah semangat dan motivasi dalam diri mereka. Hadiah juga dapat mengeratkan hubungan orang tua dengan anak .

Gimana nih anak kalian jenuh saat belajar dirumah? Lakukan beberapa tips diatas yuk agar buah hati kesayangan kalian tetap semangat belajar online. Semangat juga untuk untuk para orang tua terutama moms diluar sana yang harus ngurus pekerjaan rumah sekaligus jadi teman belajar untuk buah hati tercinta.Semoga bermanfaat thank you, Salam Bahagia!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Shopping cart
There are no products in the cart!
Continue shopping
0
× Tanya Admin?