Toko Online Baju Anak Nyaman Kekinian

Cara Melatih Percaya Diri untuk Anak

Orang tua memiliki pengaruh besar dalam perkembangan membangun percaya diri anak. Bagaimana mengasuh anak juga berperan penting terhadap apa yang diajarkan.

Anak yang tidak percaya diri mereka akan cenderung takut mencoba hal-hal baru karena takut gagal. Melatih percaya diri anak merupakan hal yang tidak mudah, karena anak akan melihat pengaruh yang ada dalam lingkungan sekitar. Anak yang tidak percaya diri mereka akan akan terlihat minder, oleh karena itu sebagi orang tua Anda perlu membantu anak untuk melatih percaya diri.

Untuk itu dalam artikel kali ini kami akan membahas mengenai cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak diantaranya:

percaya diri

1. Dukung Anak dalam Lingkungan Pertemanan

Dengan mempunyai banyak teman, akan meningkatkan kepercayaan diri anak. Orang tua memiliki harus memiliki cara melatih percaya diri tersendiri bagi anak, karena Anda peran penting untuk mendorong anak belajar membangun hubungan pertemanan.

Hindari untuk mengganggu mereka ketika sedang bersama dengan teman-temannya. Seperti menegur mereka ketika berbuat perilaku yang kurang baik, hal ini akan membuat anak merasa dipermalukan. Beri waktu kepada mereka untuk menyesuaikan diri dengan temannya untuk membantu membangun hubungan persahabatan.

2. Beri Kepercayaan Kepada Anak

Tunjukkan bahwa Anda memberikan kepercayaan penuh kepada anak bahwa anda mendukung semua keputusan yang diambil anak. 

Ketika anak merasa telah dipercaya oleh orang tua mereka, anak akan merasa memiliki tanggung jawab untuk menjaga kepercayaan yang telah diberikan oleh orang tua mereka.

Baca Juga: Cara Mengajarkan Konsekuensi Kepada Anak, Tips Daily Parenting

3. Beri Motivasi

Bantu anak untuk memiliki keyakinan bahwa mereka bisa dari kemampuan mereka sendiri. Misalnya memberikan motivasi ketika anak merasa kesulitan belajar piano, berilah motivasi dengan kalimat yang membangun agar anak semangat untuk lebih giat dalam berlatih piano.

Cobalah untuk mengajari mereka ketika setiap kali berkata “aku tidak bisa bu” namun ganti dengan ucapan “apa yang harus aku lakukan bu agar aku bisa”.

4. Bandingkan Prestasi Anak Saat Ini dengan Prestasi Sebelumnya – Bukan dengan Prestasi Orang Lain.

Jangan pernah melakukan kesalahan dengan membanding bandingkannya dengan orang lain, karena akan mempengaruhi rasa percaya dirinya.

Seperti Anda mengatakan: “Kamu mendapat nilai ulangan lebih bagus nak, daripada nilai matematika sebelumnya! Kerja bagus!”.

Jangan katakan: “Semua hasil nilai ulanganmu jelek, Kenapa kamu tidak bisa mendapatkan nilai sebaik si A!”. 

5. Luangkan Waktu untuk Komunikasi Dua Arah

Cobalah untuk mengajak anak untuk membicarakan tentang diri mereka seperti apa yang mereka suka dan tidak suka. Dengarkan saja apa yang mereka inginkan, jangan terburu-buru untuk memberikan respon.

Jika mereka menanyakan pendapat Anda barulah anda berbicara dan berikan mereka respon yang positif seperti memberikan beberapa alternatif pilihan untuk anak coba. 

Baca Juga: Dampak Negatif Smartphone bagi Anak yang Wajib Diketahui Orang Tua

6. Hormati Privasi

Peran kita sebagai orang tua adalah membuat anak kita mandiri. Mereka harus bisa berdiri di atas kedua kaki mereka sendiri. Mereka harus mampu membuat pilihan, membela diri sendiri, dan percaya pada diri sendiri untuk maju sebagai orang yang percaya diri dan bahagia.

Jangan ganggu ketika anak merasa membutuhkan ruang untuk sendiri, berilah privasi untuk diri mereka sendiri. Karena ketika Anda seumuran dengannya Anda juga tidak bisa menceritakan semua yang Anda rasakan.

7. Bantu Anak untuk Menemukan Minat dan Bakat yang Dimiliki untuk Dikembangkan

Anak yang pandai pasti akan lebih merasa percaya diri, itu lah yang sering terjadi, untuk itu sedari anak kecil orang tua bisa juga mengajarkan pada anak berbagai pengetahuan.

Bantu anak untuk menemukan minat dan bakat yang dimiliki untuk bisa dikembangkan. Seperti mendorong untuk mengikuti club atau kegiatan sosial, mendaftarkannya mengikuti kursus dan pelatihan.

Sehingga nantinya anak juga bisa belajar untuk lebih meningkatkan rasa percaya diri yang ada di dalam dirinya. dengan kepintaran yang dimilikinya anak pun akan lebih merasa percaya diri dibandingkan dengan anak lainnya.

Dari artikel yang kami berikan bagaimana cara melatih anak agar percaya diri. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Shopping cart
There are no products in the cart!
Continue shopping
0
× Tanya Admin?