Toko Online Baju Anak Nyaman Kekinian

Cara Membuat Masker Kain dengan Anak Di Rumah Selama Pandemi

Pandemi covid-19 yang telah berlangsung beberapa bulan di Indonesia membuat masyarakat memiliki kebiasaan baru untuk memakai masker ketika beraktivitas di luar ruangan. Penggunaan masker diwajibkan kepada semua orang tak terkecuali bagi anak-anak, sebagai bentuk pencegahan penyebaran virus.

Anak-anak belum sepenuhnya mengerti akan pentingnya penggunaan masker, namun sebagai orang tua Bunda perlu memberi penjelasan. Sekarang ini sudah banyak pilihan masker yang bisa digunakan misalnya masker kain yang bersifat masker non medis. Masker kain dapat menangkal virus, debu sekitar 70% karena relatif tebal. Tak hanya itu, masker kain juga mudah untuk mendapatkannya, bahkan Bunda bisa membuatnya sendiri dengan bahan-bahan yang ada di rumah bersama dengan sang anak.

Intip yuk Bunda, Cara membuat masker kain bersama anak dengan bahan-bahan yang sudah ada di rumah.

1. Kenapa Harus Memakai Masker

Tips Membuat Masker Bersama Anak Di Rumah Selama Pandemi 02

Sebelum memulai membuat masker, sebaiknya Bunda memberikan penjelasan kenapa selama wabah pandemi sang anak harus memakai masker. Berikan penjelasan akan bahaya dari virus bagi kesehatan, gunakan bahasa yang sederhana dan rasional agar anak mudah menerima informasi dengan baik. Ketika sang anak sudah memahami bagaimana pentingnya menggunakan masker, dia akan lebih sadar ketika berada di luar ruangan untuk menjaga diri.

2. Bahan yang Diperlukan Membuat Masker Kain (Gunakan Bahan yang Ada Di Rumah)

Untuk membuat masker kain Bunda tidak perlu repot-repot membeli bahan baru, gunakan bahan yang ada di rumah.

Bunda bisa menggunakan pakaian yang sudah tidak terpakai namun masih memiliki kualitas bagus. Bahan katun lebih cocok untuk digunakan karena bahannya adem dan nyaman.

Untuk tali, Bunda bisa menggunakan ikat rambut atau karet, jika tidak ada bisa dari potongan kaos.

Baca Juga : Anti Bosan, 7 Kegiatan di Rumah Bersama Anak Selama Pandemi

3. Cara Membuat Masker Kain untukAnak (tutorial)

Tips Membuat Masker Bersama Anak Di Rumah Selama Pandemi 04
  1. Potong kaos atau kain yang telah disiapkan dengan ukuran (pola anak adalah 15×20 cm dan pola dewasa adalah 20×25 cm)

  2. Balik bagian depan secara vertikal, sehingga ujungnya ada di bagian atas.
  3. Pada bagian depan, tusuk dua lubang kecil yang menjadi lapisan belakang kain di bagian atas untuk memasang pipa pembersih sebagai penyanggah di atas hidung dan pengait ikat rambut nanti.
  4. Masukkan satu pembersih pipa melalui lubang sudut lalu ke ujungnya. Dorong pembersih pipa keluar dan menenunnya melalui lubang di lapisan belakang, lalu kembali di sisi lain. Lanjutkan ke ujung yang jauh, lalu ikat keluar melalui lubang sudut belakang.
  5. Masukkan satu pembersih pipa melalui lubang sudut lalu ke ujungnya. Dorong pembersih pipa keluar dan menenunnya melalui lubang di lapisan belakang, lalu kembali di sisi lain. Lanjutkan ke ujung yang jauh, lalu ikat keluar melalui lubang sudut belakang.
  6. Pasang ikat rambut ke ujung bagian bawah dan atas dengan memutar pembersih pipa di sekitarnya, satu di setiap sisi. Masker DIY untuk anak kini sudah siap digunakan!
  7. Pasangkan masker ke wajah si Kecil dengan menekan pelan pembersih pipa agar ukurannya pas pada hidungnya. Sesuaikan panjang menggunakan pembersih pipa sesuai kebutuhan.

Sebaiknya masker sebelum dipakai cuci terlebih dahulu, Bunda bisa menggunakan air hangat untuk mencucinya supaya jika ada bakteri menempel dari masker bisa mati.

Baca Juga : Begini Cara, Memilih Baju Anak Untuk Tetap Stylish

4. Melibatkan Anak Membuat Masker

Tips Membuat Masker Bersama Anak Di Rumah Selama Pandemi 05

Melibatkan anak dalam membuat masker kain mengajarkan anak untuk memanfaatkan barang yang sudah terpakai dan bisa digunakan kembali. Melatih kreativitas anak, menambah kegiatan positif selama libur pandemi, anak juga akan merasa senang bisa memakai karya yang mereka hasilkan. Melibatkan anak bisa mempermudah bunda untuk mengukur ukuran dari anak, sehingga ketika dipakai masker pas dan tali tidak sakit di telinga.

5. Cara memakai masker

Tips Membuat Masker Bersama Anak Di Rumah Selama Pandemi 06

Cara menggunakan masker yang pertama adalah mengalungkan bagian yang melengkung dan menyelipkan tali di kedua sisi telinga. Kemudian tarik sisi kiri dan kanan masker mengikuti bentuk tubuh. Barulah ikat bagian tali bawah masker. Masker buatan sendiri siap digunakan! Yuk, coba buat bersama sang anakl dan ajarkan padanya bahwa penting gunakan masker untuk kesehatan diri sendiri dan orang lain. Tetap sehat dan semangat ya, Bunda!

Untuk melihat koleksi dari kami Bunda bisa lihat disini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping cart
There are no products in the cart!
Continue shopping
0
× Tanya Admin?