Toko Online Baju Anak Nyaman Kekinian

Cara Mendidik Anak Usia 3 Tahun yang Baik

Perkembangan dan pertumbuhan si kecil memang selalu menjadi momen yang ditunggu tunggu oleh papa-mama. Pasalnya, perkembangan dan pertumbuhan si kecil hanya terjadi satu kali dan tidak dapat di ulang, dan tidak dapat diulang. Si kecil saat memasuki usia 3 tahun umumnya akan semakin pintar dan mulai mengeksplorasi berbagai hal. Ia juga mungkin ingin melakukan apa-apa sendiri sehingga cenderung susah diatur.

Tak jarang hal ini yang membuat orang tua menjadi jengkel. misalnya, ketika lemari baju berantakan akibat anak ingin mengambil baju sendiri atau persiapan pergi menjadi lebih lama karena ia mau memakai alas kaki sendiri. Hal inilah yang menjadi tantangan untuk para orang tua.

Meski demikian, para orang tua tidak perlu khawatir karena contoh diatas dapat mengindikasikan bahwa tumbuh kembang anak berjalan normal, untuk itu perlu pola asuh dan mendidik anak harus disesuaikan dengan usianya agar si kecil bisa cerdas, aktif, dan mandiri. Berikut beberapa cara mendidik si kecil yang baik dan benar yang bisa anda terapkan;

1. Mengajarkan Anak untuk Mengendalikan Emosinya

Tips yang pertama adalah dengan mengajarkan si kecil untuk mengandalkan emosinya, memasuki usia 3 tahun si kecil sudah bisa mengekspresikan apa yang ia rasakan seperti sedih, marah, bahagia, atau bosan. Terkadang juga si Kecil akan mengeluarkan ledakan emosi yang lebih dikenal tantrum. Orang tua tidak perlu khawatir karena tantrum adalah sebuah hal normal dalam perkembangan di kecil. Tantrum juga bahkan digunakan sebagai pengukur dari kekuatan pengembangan karakter.

Tahapan emosi si kecil belum berkembang baik, jadi si kecil belum bisa membedakan mana cara yang benar untuk mengekspresikan perasaannya. Nah, jika si Kecil memiliki intensitas tantrum yang tinggi, ada beberapa cara yang orang tua bisa lakukan seperti menghabiskan waktu bersama ketika si kecil dalam keadaan tenang, berikan asupan nutrisi yang sehat dan seimbang, berikan waktu dan perhatian yang cukup kepada si Kecil serta beri pengertian bagaimana cara mengendalikan emosinya. Hal-hal di atas akan sangat membantu si Kecil dalam mengendalikan emosinya.

2. Mengajarkan Anak Tentang Kedisiplinan

Mengajarkan kedisiplinan pada anak memang bukan hal yang mudah. Cara mendidik anak balita usia 3 tahun adalah dengan cara mengajarkannya si Kecil kedisiplinan. Bunda bisa mulai mengajarkan si Kecil untuk merapikan mainannya sendiri ketika selesai digunakan, mulai mengajarkan si Kecil untuk dapat makan sendiri menggunakan alat makan sederhana, dan memberikan jadwal tidur. Pada Usia 3 tahun si Kecil juga diajarkan untuk dapat membedakan benda yang ia miliki dengan benda orang lain.

Hal-hal di atas terlihat sederhana, namun mengajarkan kedisiplinan sejak dini dapat membuat anak berperilaku dengan baik sesuai dengan ajaran yang sudah diajarkan Orang tua.

Baca juga: Cara Mengajarkan Konsekuensi Kepada Anak, Tips Daily Parenting

3. Mengajarkan untuk Berbagi dengan Orang Lain

Cara Mendidik Anak 3

Cara mengasuh anak usia 3 tahun yang tidak kalah pentingnya adalah dengan cara mengajarkan si Kecil berbagi dengan orang lain. Pada usia 3 sampai 4 tahun si Kecil sudah memiliki empati dan mulai memikirkan perasaan orang di sekitarnya. Terlebih, si Kecil akan ikut bersedih jika temannya sedih.

Mama bisa mengajarkan si Kecil untuk berbagi dengan temannya dengan cara sederhana seperti ketika Mama memberikan si Kecil biskuit bawakan dengan porsi lebih dan bimbing si Kecil untuk membagi biskuitnya kepada teman-temannya.

Selain itu, Mama juga bisa mengajarkan si Kecil untuk meminjamkan mainannya jika sudah selesai dipakai kepada temannya. Menanamkan kebiasaan berbagai sejak kecil akan membuat si Kecil peduli dengan lingkungan di sekitarnya.

4. Ajarkan Mengenal Huruf dan Angka

Cara Mendidik Anak 2

Sebagian anak umur 3 tahun mungkin mulai tertarik membaca, menulis, dan berhitung. Saat mengajarkan membaca, Anda dapat mengenalkan anak pada huruf melalui puzzle huruf atau buku cerita. Pada usia ini anak belum dapat membaca susunan kata, namun Anda dapat mengenalkan huruf dan angka.

Selain itu, Anda bisa mengajarkan si kecil menulis huruf vokal menggunakan krayon dan berhitung menggunakan jari atau lewat lagu. Cara mendidik anak 3 tahun ini memerlukan kesabaran karena anak biasanya mudah teralihkan. Sebaiknya edukasi anak 3 tahun juga harus diselingi dengan bermain agar suasananya menyenangkan.

5. Ajarkan Cara Berteman

Cara Mendidik Anak 1

Cara mendidik anak 3 tahun yang tidak boleh Anda lupakan adalah mengembangkan keterampilan sosialisasi anak. Di usia ini, anak mungkin sudah tertarik untuk bermain bersama anak seusianya. Untuk mengembangkan keterampilan tersebut, berikan anak waktu untuk bermain dengan teman-temannya.

Yang Perlu Diperhatikan Cara Mendidik Anak Usia 3 Tahun

Terkadang anak merasa ingin melakukan segala sesuatu sendiri sehingga ia menjadi sulit diatur dan tidak menurut dengan orangtuanya. Orang tua harus hindari berteriak atau marah hanya karena sikap tersebut hanya akan memperburuk keadaan. Berikut adalah hal yang perlu diperhatikan dalam cara mendidik anak 3 tahun agar nurut.

  • Cobalah untuk tenang dan hindari marah-marah yang berlebihan
  • Ajak ia berbicara dan dorong anak untuk mengungkapkan perasaannya
  • Apabila ada hal yang membuatnya terganggu, cobalah untuk menyelesaikannya bersama
  • Beri pengertian pada anak bahwa ia harus menurut demi kebaikannya
  • Jika ia berlaku kasar, seperti memukul atau menendang, alihkan perhatiannya dan coba tenangkan.
  • orang tua juga harus penuhi kebutuhan nutrisi yang lengkap seimbang agar si Kecil bisa sehat, aktif dan mandiri.

Cara mendidik anak usia 3 tahun bukanlah hal yang mudah, maka dari itu orang tua memerlukan ketelatenan dan kesabaran yang tinggi ya Bunda.

Baca juga: Cara Melatih Percaya Diri untuk Anak

2 thoughts on “Cara Mendidik Anak Usia 3 Tahun yang Baik”

  1. Pingback: 10 Sopan Santun yang Harus Diajarkan pada Anak - Parenting

  2. Pingback: Manfaat Melibatkan Anak Dalam Pekerjaan Rumah Tangga - Tips

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping cart
There are no products in the cart!
Continue shopping
0
× Tanya Admin?