Toko Online Baju Anak Nyaman Kekinian

Cara Mengajarkan Kesehatan Anak Selama Pandemi

Penyebaran virus covid-19 yang begitu cepat membuat kita untuk selalu menjaga kebersihan itu sangat penting. Apalagi memberikan pemahaman kepada anak-anak yang belum paham apa itu virus covid-19. Karena siapa saja bisa terinfeksi oleh virus corona.

Cara mengajarkan anak menjaga kesehatan selama pandemi cukup dengan melakukan hal-hal kecil yang selama ini kita angkat sepele. Maka dari itu perlu mengajarkan kebersihan kepada anak selama pandemi untuk pencegahan penyebaran virus. Berikut ulasan mengenai cara mengajarkan anak menjaga kesehatan selama pandemi virus corona.

1. Ajarkan Cara Mencuci Tangan

Cara Mengajarkan Anak Menjaga Kesehatan Selama Pandemi 02

Tangan menjadi media paling cepat dalam penyebaran virus corona, karena sering menyentuh benda, dan berjabat tangan. Maka dianjurkan untuk sesering mungkin cuci tangan, cara ini dianggap paling efektif untuk memutus mata rantai virus.

Sebaiknya mengajarkan kepada anak Bunda untuk mencuci tangan selepas menyentuh benda, setelah melakukan kegiatan di luar rumah, begitupun ketika hendak masuk ke dalam rumah. Mencuci tangan dengan sabun dengan air mengalir selama 20 detik.

Dikatakan mampu untuk membunuh kuman lebih cepat, ini bisa menjadi kebiasaan yang semakin baik untuk membangun kesadaran akan kesehatan.

2. Physical Distancing

Cara Mengajarkan Anak Menjaga Kesehatan Selama Pandemi 03

Selama pandemi anak-anak diliburkan dari sekolah untuk menghindari kontak fisik dengan orang lain maka beri penjelasan kepada anak untuk tetap bermain di rumah jangan biarkan bermain ke rumah tetangga.

Jika memang memungkinkan untuk tetap bermain harus menjaga jarak dengan temannya minimal 1,8 meter. Jangan biarkan mereka bermain sendirian ke luar rumah tanpa dalam pemantauan bunda.

3. Menghindari Orang Sakit (Batuk dan Bersin)

Cara Mengajarkan Anak Menjaga Kesehatan Selama Pandemi 04

Beri penjelasan kepada anak Bunda untuk menghindari orang yang sedang sakit seperti bersin dan batuk. Ajarkan kepada anak Bunda untuk menjaga sopan santun ketika bersin dan batuk dengan menutupinya.

Etika batuk adalah tata cara batuk yang baik dan benar dengan cara menutup hidung dan mulut dengan tissue atau lengan baju, sehingga bakteri tidak menyebar ke udara dan tidak menular ke orang lain. Etika batuk diperuntukkan bagi Anda yang sedang mengalami batuk atau bersin.

Seperti yang kita ketahui bahwa saat batuk atau bersin maka kita dapat menyebarkan kuman dalam jumlah ribuan hingga jutaan ke udara dan disaat yang sama orang yang berada disekitar kita menghirup udara yang sudah mengandung kuman akibat dari batuk maupun bersin. Oleh sebab itu untuk menghindari hal ini, etika batuk dan bersin merupakan hal yang harus diterapkan pada kehidupan sehari-hari.

Baca Juga : Tips Anak Betah Memakai Masker Cegah Virus Corona

4. Membekali Hand Sanitizer

Cara Mengajarkan Anak Menjaga Kesehatan Selama Pandemi 05

Saat anak melakukan kegiatan di luar rumah tanpa mereka sadari tangan mereka menyentuh benda-benda yang mudah terkontaminasi oleh virus.

Sebelum anak bunda melakukan kegiatan di luar rumah sebaiknya bekali dengan hand sanitiser. Hand Sanitizer adalah cairan beralkohol yang dinilai ampuh untuk membunuh kuman secara instan jika malas mencari tempat cuci tangan.

5. Membuang Sampah Pada Tempatnya

Cara Mengajarkan Anak Menjaga Kesehatan Selama Pandemi 06

Biasakan untuk memberi contoh kepada anak Bunda membuang sampah pada tempatnya. Kebiasaan ini merupakan perilaku tertib untuk memulai dari hal kecil. Sediakan tempat sampah yang berbeda untuk membedakan kategori sampah.

Ini untuk menghindari berkembangnya virus dari benda-benda yang berbau tidak sedap dan memilah-milah sampah menjadi lebih mudah untuk diolah kembali.

6. Memakai Masker

Cara Mengajarkan Anak Menjaga Kesehatan Selama Pandemi 07

Selama pandemi memakai masker menjadi salah satu protokol kesehatan yang wajib dipatuhi. Penggunaan masker kain dinilai paling efektif untuk melapisi wajah agar terhindar dari cairan yang bisa berkembang menjadi virus.

Semoga tips ini bermanfaat ya Bunda, bisa menjadi bahan bacaan referensi. Untuk melihat koleksi kami bisa melihat disini.

1 thought on “Cara Mengajarkan Kesehatan Anak Selama Pandemi”

  1. Pingback: Cara Mengajarkan Konsekuensi Kepada Anak, Tips Daily Parenting -

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping cart
There are no products in the cart!
Continue shopping
0
× Tanya Admin?