Toko Online Baju Anak Nyaman Kekinian

Cara Mengatasi Anak Bosan di Rumah saat Pandemi Corona?

Di saat pandemi seperti sekarang ini pastinya semua orang akan melakukan social distancing atau jaga jarak, termasuk anak-anak. Contohnya seperti sekolah yang sekarang dilakukan secara online. Pastinya jika hal itu berjalan lama akan membuat anak-anak menjadi bosan, karena yang awalnya bertemu teman setiap hari, bermain dan bercanda bersama sekarang hanya bisa menatap muka dengan video call saja.

Rasa bosan akan terjadi di lingkungan monoton. Maka dari itu, ada baiknya orang tua boleh melarang kegiatan yang dilakukan oleh anak, namun tidak semuanya. Karena pada umumnya rasa bosan akan membuat anak mencari hal-hal dan kegiatan lain. Lantas bagaimana cara mengatasi rasa bosan ketika anak di rumah selama pandemi? Yuk simak cara dibawah ini!

Cara mengatasi rasa bosan ketika anak di rumah selama pandemi. Selain menyibukkan diri dengan gadget, Anda bisa mencari kesibukan lain yang pastinya dapat dilakukan di rumah, contohnya :

1. Membuat Karya Seni

Menggambar dan mewarnai dapat Anda lakukan jika anak mulai merasa jenuh. Hal ini juga dapat membantu meningkatkan imajinasinya dan membuatnya gembira. Selain menggambar dan mewarnai, Anda juga dapat mengajak anak untuk bermain musik, bernyanyi dan menari. Aktivitas ini dapat meningkatkan keterampilan motorik kasar anak, koordinasi tangan dan matanya.

2. Mencoba Resep Baru dan Memasak Bersama Anak

Anda bisa memilih resep masakan yang disukai anak. Tentunya bagi anak, memasak dengan orang tua tidak hanya menyenangkan, tapi juga dapat membuatnya belajar memasak makanan yang ia sukai. Tetapi, pastikan anak aman saat berada di dapur. Selain itu, memasak bersama anak dapat membuat anak lebih menghargai usaha ibu untuk memasak makanan untuk anaknya. Dampak baiknya, ia dapat mensyukuri makanan yang ia makan dan tidak membuang-buang makanan.

Baca juga: 4 Tips Mengajarkan Anak Cara Berbagi

3. Berkebun

cara mengatasi bosan selama pandemi 3


Pekarangan rumah dapat Anda manfaatkan untuk melakukan aktivitas berkebun bersama anak. Jika tidak ada pekarangan di rumah, Anda bisa mengajaknya menanam tanaman di pot. Kegiatan ini dapat dijadikannya pengalaman baru yang menyenangkan. Dengan berkebun ia dapat belajar untuk bertanggung jawab, mencintai lingkungan, alam, dan mengenal berbagai macam tumbuhan.

4. Menonton Film

cara mengatasi bosan selama pandemi 2


Mengajak anak menonton film yang disukai nya juga dapat menjadi solusi agar ia tidak bosan di rumah. Sembari menemani ia menonton film Anda dapat mengajari hal- hal baik yang bisa dipetik dari film tersebut.

Baca juga: Biar Gak Bosen, Coba 4 Game Seru Ini Saat Kumpul Keluarga

5. Berolahraga

cara mengatasi bosan selama pandemi 1


Selain kegiatan-kegiatan diatas Anda bisa mengajak anak untuk berolahraga bersama. Rutin berolahraga dan berjemur baik untuk menjaga kesehatan tubuh anak dan memperkuat daya tahan tubuhnya. Walaupun hanya dirumah, usahakan agar ia tetap aktif bergerak agar tubuhnya sehat dan terhindar dari obesitas.

Itu tadi beberapa cara untuk menghilangkan rasa bosan anak selama pandemi seperti ini. Namun Anda juga harus mematuhi protokol kesehatan dengan menjaga kebersihan, mencuci tangan dan selalu memakai masker.

1 thought on “Cara Mengatasi Anak Bosan di Rumah saat Pandemi Corona?”

  1. Pingback: Panduan Isolasi Mandiri Anak - Toko Online Baju Anak Nyaman Kekinian

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Shopping cart
There are no products in the cart!
Continue shopping
0
× Tanya Admin?