Toko Online Baju Anak Nyaman Kekinian

Tanamkan Pola Hidup Sehat Pada Anak Sejak Dini

Hidup sehat perlu kita tanamkan semenjak usia dini pada anak-anak kita. Selain memberi contoh pola hidup sehat, kita sebagai orang tua juga perlu memberi pendidikan pola hidup sehat pada anak kita. Kita sebagai pendidik sangat perlu menanamkan pola hidup sehat, sehat itu aset yang sangat berharga untuk meraih masa depannya yang gemilang.

Pola hidup sehat yang paling mendasar untuk anak-anak adalah tentang kebersihan tubuhnya. Mulai dari mencuci tangannya dahulu sebelum makan, menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur. Mandi pakai sabun agar sehat badannya. Pola hidup sehat yang mendasar ini kita tanamkan sejak dini agar hidupnya sehat dan menjadi kebiasaan sehari-hari untuk kedepannya.

Penting untuk mulai mengajarkan pada anak kebiasaan sehat sedini mungkin. Dengan menjalani pola hidup sehat akan membuat anak terbebas dari berbagai penyakit. Namun, jangan lupa juga untuk penting memberitahu anak alasan di balik peraturan menjaga kesehatan yang anda buat tersebut. Jika anak kita tumbuh dengan pemahaman mengapa kebiasaan ini penting dan menjadi seperti kebiasaan . Dan berikut beberapa kebiasaan sehat yang harus mulai Moms ajarkan kepada anak saat ia masih balita.

1. Mencuci Tangan


Tindakan sederhana mencuci tangan dapat menghindarkan anak dan seluruh keluarga dari kuman yang dapat menyebabkan infeksi dan penyakit. Kebersihan yang baik adalah salah satu cara paling sederhana untuk menjaga kesehatan setiap anggota dalam keluarga. Mulailah menanamkan kebiasaan sehat ini dengan menjelaskan kepada si kecil mengapa mencuci tangan sangat penting.

Menerapkan pentingnya mencuci tangan sejak dini pada anak adalah salah satu kunci hidup sehat. Ajarkan juga cara mencuci tangan yang benar dengan langkah- langkah berikut ini:

  • Basahkan tangan dengan air secukupnya.
  • Gunakan sabun dan cuci tangan selama 20 detik.
  • Gosok di antara jari, punggung tangan dan bagian  bawah kuku, lalu pergelangan tangan.
  • Bilas dengan air dan keringkan tangan  dengan handuk bersih.

Moms bisa menanamkan kebiasaan cuci tangan setiap sebelum dan sesudah makan, setelah dari toilet, juga setelah memegang benda kotor atau hewan peliharaan. Sebaiknya moms juga membiasakan buah hati cuci tangan setelah setelah bersin dan kembalinya dari luar rumah.

2. Menutup Mulut

Anak-anak sangat rentan terkena batuk dan pilek. Ini karena bakteri dan virus terbang bebas setiap kali ada orang yang tidak menutup mulut serta hidungnya ketika batuk atau bersin. Alhasil, penularan pun tidak dapat dihindari. Apalagi dalam situasi seperti sekarang, ketika pandemi Covid-19 tengah menyeruak, etika batuk dan bersin yang benar menjadi cara untuk menghentikan pandemi. Tapi kebanyakan orang membahas bagaimana etika batuk dan bersin ini sebaiknya dilakukan oleh orang dewasa. Padahal, jika kebiasaan ini dilakukan sejak dini maka potensi penyebaran berbagai penyakit melalui percikan ludah bisa ditekan secara signifikan. Ajari anak kita cara menggunakan tisu, serta cara batuk dan bersin ke siku agar tidak menyebarkan kuman. Kecil kemungkinan balita benar-benar menutup mulutnya setiap kali dia batuk atau bersin, tetapi terus mengingatkannya untuk melakukannya.

3. Merawat Gigi

Kesehatan gigi dan mulut menjadi salah satu aspek penting yang harus kita jaga. Tidak hanya bagi orang dewasa saja, sejak dini pun anak-anak harus diajarkan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut mereka.  Sampai anak berusia sekitar delapan tahun, anak akan membutuhkan bantuan untuk membersihkan giginya dengan benar. Namun, kita bisa membantunya membiasakan menggosok gigi dua kali sehari dan mempelajari langkah-langkahnya seperti membasahi sikat, meletakkan sedikit pasta gigi pada sikat gigi, gosokkan sigat pada gigi, kemudian bilas dengan air.

Itu tadi beberapa hal yang bisa orang tua lakukan untuk membiasakan anak menjaga kesehatannya sejak kecil, dan akan membentuk kebiasaan yang baik sampai ia dewasa nanti. Semangat moms , pasti bisa!

1 thought on “Tanamkan Pola Hidup Sehat Pada Anak Sejak Dini”

  1. Pingback: Kenali Mitos dan Fakta Perawatan Bayi yang Baru Lahir

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping cart
There are no products in the cart!
Continue shopping
0
× Tanya Admin?