Toko Online Baju Anak Nyaman Kekinian

kids, boy, glasses

Tips Mendidik Anak Agar Mau Mendengarkan – Tips Parenting

Mendidik anak agar mau mendengarkan merupakan hal yang gampang-gampang susah, namun sebagai orang tua Anda memiliki kewajiban untuk mendidik anak agar berperilaku baik. Namun sebagai orang tua Anda pasti pernah merasa mengalami kuwalahan untuk mendidik anak karena enggan mau mendengarkan.

Lalu bagaimana cara agar anak mau mendengarkan Anda, simak yuk tips-tips parenting dari kami. Berikut 5 cara mendidik anak agar mau mendengarkan

1. Dengarkan Anak Anda

Saat permintaan Anda ingin segera didengar oleh anak, sejajarkan tubuh Anda dengan anak buatlah eye contact dengannya. Artinya Anda harus meninggalkan pekerjaan sebentar dan meluangkan waktu untuk berbicara dengannya.

Ketika Anda memposisikan diri sejajar dengannya mempermudah anak-anak untuk mendengarkan dan menuruti perintah Anda.

Kurangi kata Tidak/Jangan

Jangan ganggu adikmu!.

Jangan lari-lari di jalan!.

Jangan bermain-main dengan makanan!.

Rasanya sudah tidak terhitung lagi berapa kali mengucapkan kata jangan atau tidak. Meskipun kata tidak masih boleh digunakan kepada anak, namun kata ini jika diucapkan terus menerus akan bermakna negatif.

Agar mereka mau mendengarkan perintah Anda. Gunakan kalimat yang baik dari ucapan biasanya seperti “Lari-lari boleh tapi di halaman saja ya nak!”

2. Jangan Membentak

Anak usia 7-8 tahun mulai menyadari bahwa mereka punya kendali atas diri mereka sendiri, termasuk memilih untuk mendengarkan atau tidak. Anak dalam rentang usia tersebut juga lebih tertarik pada dunia di luar rumah dan keluarga, misalnya di sekolah atau di lingkungan mainnya. Maka, mereka cenderung menikmati dunia barunya dan tak menghiraukan perkataan orang tua.

Jika Anda mengalami hal ini, jangan berteriak atau membentak saat memberi perintah pada anak. Luangkan waktu sejenak dan ajak anak duduk santai bersama sambil menikmati makanan kesukaan. Setelah membangun suasana yang hangat, beritahu si kecil bahwa ketika orangtua berbicara padanya, ia perlu mendengarkan dengan baik.

Beri contoh yang nyata soal kejadian di mana anak tidak mendengarkan omongan Anda. Tanpa menyalahkan si kecil, coba gambarkan bagaimana perasaan Anda saat anak enggan menuruti perkataan orangtua dan beri tahu juga betapa bahagianya ketika anak dengan mudah mendengarkan Anda.

3. Gunakan Bahasa yang Sederhana

Langkah mudah lainnya untuk membuat anak mau mendengarkan adalah dengan menyederhanakan bahasa atau permintaan kita pada anak. Misalnya saja alih-alih mengatakan “ayo makan sayur supaya tidak sakit seperti kemarin lagi. Kan, Ibu sudah bilang harus rajin makan sayur”, gunakan kalimat “ayo makan sayur supaya tetap sehat”.

4. Budayakan untuk Berterima Kasih

Pastikan kita berterima kasih untuk setiap permintaan yang didengar anak. Misalnya saat anak mau membuang sampah pada tempatnya, katakan “terima kasih sudah membuang sampah di tempat sampah”. Dengan berterima kasih dan memberikan apresiasi pada anak saat sudah mendengarkan kita, maka di lain kesempatan anak tidak merasa segan untuk mendengarkan permintaan kita. Inilah langkah mudah lainnya yang bisa digunakan agar anak mendengarkan orang tua.

5. Buat Anak Inisiatif dengan Mengajukan Pertanyaan

Membuat anak untuk terus mendengarkan permintaan orang tua memang tak pernah mudah. Untuk mengatasi hal ini maka lakukan pengamatan secara berkala dan hindari permintaan-permintaan yang cenderung negatif dengan menggunakan kata tidak/jangan.

Mendorong anak memiliki inisiatif, merupakan langkah baik agar anak mau mendengarkan kita. Misalnya, saat kita melihat handuk basah tergeletak di tempat tidur, tanyakan pada anak “apa yang akan kamu lakukan dengan handuk basah ini?”

Baik anak-anak maupun orang dewasa sebenarnya memiliki kesamaan untuk ingin didengarkan dan dilihat. Maka, penting bagi kita mendorong anak untuk mengekspresikan kekuatan mereka dengan cara yang lebih positif. Sebaiknya, dengarkan apa yang menjadi keinginan anak, sehingga permintaan kita juga didengar oleh anak.

2 thoughts on “Tips Mendidik Anak Agar Mau Mendengarkan – Tips Parenting”

  1. Pingback: Cara Menahan Emosi di Depan Anak Daily Parenting

  2. Pingback: 5 Tips Agar Anak Bunda Suka Belajar dan Tidak Malas - Tips Parenting

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Shopping cart
There are no products in the cart!
Continue shopping
0
× Tanya Admin?